Cara Daftar Akun Admob dan Membuat Unit Iklan di Admob

Halo semuanya, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya harap kalian semua dalam keadaan yang baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tips cara menghubungkan akun google admob kalian ke dalam aplikasi android studio.

Untuk menguangkan aplikasi android, Google menyediakan jaringan iklan bernama Admob untuk menampilkan iklan dalam aplikasi. Jika kita ingin mendapatkan pendapatan dari aplikasi android kita, maka Admob adalah solusi yang paling tepat dan sempurna untuk dengan mudah mengintegrasikan iklan di aplikasi android kalian.

Admob menyediakan berbagai jenis format iklan, sehingga kita bisa memilih iklan yang terbaik untuk pengalaman pengguna aplikasi kita. Berikut ini adalah berbagai jenis format iklan yang tersedia untuk aplikasi android.

1. Banner Ads

Banner ads adalah iklan gambar atau teks persegi panjang yang menempati tempat dalam tata letak aplikasi kita. Iklan ini tinggal di layar saat pengguna berinteraksi dengan aplikasi dan dapat refresh secara otomatis setelah jangka waktu tertentu. Jika kalian baru dalam penggunaan Admob, maka banner ads bagus untuk memulai.

2. Interstitial Ads

Interstitial ads adalah iklan layar penuh yang mencakup antarmuka aplikasi sampai ditutup oleh pengguna. Iklan ini paling baik digunakan pada tampilan jeda ketika aplikasi sedang berjalan, seperti di antara level permainan atau hanya setelah menyelesaikan tugas.

3. Rewarded Video Ads

Rewarded video ads adalah iklan video layar penuh dan memberikan reward terhadap pengguna untuk menonton iklan.

Untuk memperoleh pendapatan dengan mengintegrasikan iklan Gooogle Admob di aplikasi android, pertama kita perlu mendaftar account di Admob, membuat unit iklan di Admob dan kita perlu mengintegrasikan Google Mobile Ads SDK menjadi sebuah aplikasi.

Cara Mendaftar Akun & Membuat Unit Iklan di Admob

Untuk membuat unit iklan di Admob, pertama-tama kita perlu Buat Akun di Admob.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mendaftar dan membuat unit iklan dalam jaringan Admob.

Daftar Akun Admob

1. Masuk ke website Admob lalu klik sign up.

2. Masukkan data yang sesuai dengan kalian. Lalu klik Create Admob Account.

3. Kalian sudah berhasil mendaftar pada jaringan Admob.

Buat Unit Iklan Admob

1. Klik Apps di sebelah kiri, lalu klik ADD YOUR FIRST APP.

2. Sebuah kotak dialog baru akan muncul dan akan menanyakan apakah aplikasi sudah dipublikasikan atau belum. Jika aplikasi kalian sudah diterbitkan dalam Play Store klik YES, jika belum diterbitkan maka klik NO.

Karena kita baru untuk menggunakan Admob maka klik NO.

3. Kalian akan ditampilkan informasi mengenai nama aplikasi dan platform yang digunakan. Masukkan data yang sesuai, lalu klik ADD.

4. Pada tahap ini kalian telah berhasil mendaftarkan aplikasi ke admob. Sekarang kita akan membuat unit iklan. klik NEXT: CREATE AD UNIT untuk membuat unit iklan pada aplikasi android kita.

5. Admob akan memperlihatkan jenis format iklan yang bisa kalian gunakan. Dalam kasus ini, kita akan menggunakan jenis format iklan Banner. Klik SELECT pada jenis format iklan Banner.

6. Masukkan nama unit iklan. Karena saya ingin meletakkannya di bawah layout aplikasi, maka saya beri nama bottom ads.

7. Kalian telah berhasil membuat unit iklan di admob. Kalian mendapatkan ID untuk unit iklan yang telah kalian buat yang nantinya akan kalian gunakan pada project android studio kalian. Klik DONE untuk kembali ke halaman utama admob.

Setelah kalian selesai dengan membuat unit iklan, maka tampilan Dashboard dari Admob kalian akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

AKHIR KATA

Jika kalian menggunakan app id dan unit id dari akun admob kalian pada project android studio, maka aplikasi tidak akan menampilkan iklan apapun. Kalian bisa mengakalinya dengan menggunakan admon app id dan unit id yang telah disediakan oleh Google untuk para developer.

Itulah tadi cara mendaftar dan membuat unit iklan di admob. Jika kalian mengalami kendala saat melakukan langkah-langkah di atas, silahkan komentar dibawah artikel ini. Semoga artikel ini membantu kalian semua. Terima kasih.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.