Cara Menambahkan & Menggunakan Library Pihak ketiga ke dalam Projek Android Studio

Halo guys. Bagaimana kabar kalian hari ini? saya harap kalian baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tips bagaimana cara menambahkan library ketiga ke dalam projek android studio yang sedang kalian kerjakan.

Library android secara struktural sama dengan modul aplikasi android. Library ini dapat mencakup semua yang diperlukan untuk mem-build aplikasi, termasuk sumber kode, file resource, dan mainfes android. Namun, library Android tidak mengompilasi ke APK yang berjalan di perangkat, tetapi mengompilasi ke file Android Archive (AAR) yang dapat kalian gunakan sebagai dependensi untuk modul aplikasi android.

Pada artikel ini, saya akan membagikan tips cara menambahkan dan menggunakan library pihak ketiga yang sangat berguna kedalam projek android studio.

CARA MENAMBAHKAN & MENGGUNAKAN LIBRARY PIHAK KETIGA DI PROJEK ANDROID STUDIO

Menambahkan Library di Android Studio

Untuk menambahkan library ke dalam projek android studio kalian, lakukan langkah berikut:

Dalam contoh ini saya menggunakan library Glide.

1. Buka file build.gradle (Module: app) pada projek android studio kalian.

2. Tambahkan kode library yang ingin kalian gunakan dalam file tersebut pada bagian dependecies. Berikut ini adalah kode library Glide.

Gradle Scripts/build.gradle (Module: app)

3. Lakukan sinkronisasi setelah kalian menambahkan kode library dalam file tersebut dengan cara klik sync pada layar aplikasi android studio.

Info

Sinkronisasi antara library ke android studio sama saja seperti kalian sedang mendownload sesuatu di internet. Jadi, pada tahap ini kalian memerlukan jaringan internet.

Jika Android Studio tidak menampilkan error, maka library pihak ketiga telah berhasil di pasang pada projek android studio kalian. Sekarang saatnya bagaimana cara menggunakan library yang telah kita sinkronisasi pada android studio kalian.

Menggunakan Library Pihak Ketiga di Projek Android Studio

Setiap library pihak ketiga memiliki serangkai kode yang berbeda untuk menggunakannya. Pada tutorial ini, kita akan menggunakan library Glide yang sebelumnya telah kita tambahkan kedalam projek android studio kalian. Telah saya jelaskan sedikit apa itu library Glide pada artikel 10 Terbaik Android Library Yang Harus di Ketahui Android Developer.

1. Buka file activity_main.xml lalu tambahkan widget ImageView di dalam layout yang telah tersedia. Sisipkan atribut id di dalam widget tersebut. Berikut ini adalah kode lengkap untuk file activity_main.xml.

app/res/layout/activity_main.xml

2. Buka file MainActivity.java lalu tambahkan kode di bawah ini untuk menampilkan gambar melalui url. Berikut ini adalah kode lengkap untuk file MainActivity.java

app/java/com.androidrion.myapplication/MainActivity.java

3. Buka file AndroidManifest.xml lalu tambahkan permission INTERNET ke dalam file tersebut. Berikut ini adalah kode lengkap untuk file AndroidManifest.xml

4. Jalankan projek android studio kalian, maka aplikasi akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

AKHIR KATA

Itulah tadi tips cara menambahkan dan menggunakan library pihak ketiga dalam projek android studio. Library di buat agar memudahkan kita dalam membuat suatu projek dan membuat ukuran dari aplikasi yang kita buat menjadi lebih kecil. Silahkan beri masukan pendapat kalian tentang artikel ini jika saya ada langkah yang kurang. Semoga artikel ini membantu kalian. Terima kasih.

Hosting Unlimited Indonesia

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.