Menambahkan Ikon Material Menggunakan Vector Asset Studio ke Dalam Projek Android Studio

Halo semuanya. Bagaimana kabar kalian hari ini? saya harap kalian baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan tips android studio tentang cara menambahkan ikon material vector asset ke dalam projek android studio kalian.

Android Studio telah menyertakan fitur bernama Vector Asset Studio yang membantu kalian dalam menambahkan ikon, mengimport file Scalable Vector Graphic (SVG) dan Adobe Photoshop Document (PSD) ke dalam projek sebagai resource vector drawable. Penggunaan vector drawable sebagai ganti bitmap akan mengurangi ukuran APK karena file yang sama dapat diubah ukurannya untuk kepadatan layar yang berbeda tanpa mengurangi kualitas gambar.

Jadi, pada artikel ini kalian akan belajar cara membuat atau menampilkan ikon material ke dalam projek android studio dengan menggunakan Vector Asset Studio.

Cara Menambahkan Ikon Material ke Dalam Projek Android Studio

1. Di Android Studio, buka project aplikasi Android.

2. Klik-kanan pada folder res dan pilih New > Vector Asset. Vector Asset Studio akan muncul.

3. Di Vector Asset Studio pada kolom Clip Art, klik tombol ikon. Maka Dialog Select Icon akan muncul.

4. Kalian dapat memfilter ikon yang terlihat dengan memilih kategori ikon dari daftar di sebelah kiri atau mengetik di kolom pencarian seperti pada gambar di bawah ini.

Pilih ikon material lalu klik OK. Ikon tersebut akan muncul di Vector Drawable Preview.

5. Di sini kalian bisa memilih warna yang ingin di tampilkan, mengganti nama file mengubah ukuran ikon, memperjelas tidaknya ikon dan mengaktifkan RTL layout atau tidak.

Setelah kalian mengubah sesuai kalian, lalu klik OK. Maka akan muncul jendela konfirmasi untuk memperlihatkan lokasi penyimpanan ikon pada projek android studio.

6. Klik tombol OK. Maka ikon material siap dipakai.

AKHIR KATA

Itulah tadi cara menambahkan ikon material menggunakan vector asset studio ke dalam projek android studio. Aplikasi android tidak akan terlihat begitu keren jika kita tidak menggunakan fitur ini. Setiap aplikasi android maupun iOS pasti memiliki setidaknya dua ikon yang digunakan. Jadi, kalian harus terbiasa menggunakan Vector Asset Studio.

Jika kalian mengalami kendala dalam melakukan langkah-langkah diatas, silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah artikel ini. Jangan lupa untuk like dan subscribe Channel YouTube Android Rion. Semoga artikel ini membantu kalian. Terima kasih.

Hosting Unlimited Indonesia

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like
2 Comments
  1. Anonymous says

    Terimakasih kak

    1. Android Rion says

      Hi, spacers012. Terima kasih telah berkomentar di website blog Android Rion.

      Semoga apa yang kamu cari selama ini ada di website ini. Semoga harimu menyenangkan. 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.