[Tutorial Lanjutan] Cara Membuka Activity Baru Ketika Item Menu Toolbar Di Klik

Cara Membuka Activity baru Ketika Menu Item Toolbar di Klik Pada Android Studio

Halo semuanya, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya harap kalian semua dalam keadaan yang baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial lanjutan cara membuka activity baru ketika item menu toolbar di klik.

Sebelumnya saya sudah pernah membagikan tutorial cara membuat dan menampilkan menu pada toolbar di aplikasi android. pada tutorial tersebut kalian hanya belajar cara membuat aplikasi yang akan menampilkan titik tiga pada toolbar aplikasi android di sebelah kanan. Ketika kalian mengklik ikon tersebut, maka kalian akan diperlihatkan beberapa menu.

Di tutorial tersebut, ketika kalian mengklik item pada menu yang ditampilkan, kalian tidak akan melihat apapun yang berubah pada aplikasi. Itu dikarenakan kalian tidak menambahkan override onOptionsItemSelected.

Jadi, pada tutorial ini kalian akan belajar cara menambahkan aksi pada item menu toolbar ketika dipilih atau diklik. Aksi pada item menu toolbar bisa bermacam-macam, seperti membuka activity baru atau menutup aplikasi.

Cara Menambahkan Aksi Di Item Menu Toolbar Ketika diklik Pada Aplikasi Android

Sesuai dari judul, di tutorial ini kalian tidak akan membuat project baru. Kalian bisa mengikuti tutorial sebelumnya pada link di bawah ini untuk bisa mengerti pada tutorial ini.

Jika kalian sudah membuat project yang sama seperti pada tutorial sebelumnya, maka kalian bisa mengikuti tutorial dibawah ini.

New Activity File

Buatlah activity baru dengan cara klik kanan pada direktori layout, lalu pilih New>Activity>Empty Activity. Simpan activity baru tersebut dengan nama Activity SettingActivity maka nama layout akan secara otomatis menjadi activity_setting.

XML Layout File

Buka file activity_setting.xml dalam direktori layout. Tambahkan widget TextView. Berikut ini adalah kode lengkap untuk file activity_setting.xml

app/res/layout/activity_setting.xml

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<androidx.constraintlayout.widget.ConstraintLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    xmlns:app="http://schemas.android.com/apk/res-auto"
    xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
    android:layout_width="match_parent"
    android:layout_height="match_parent"
    tools:context=".SettingActivity">

    <TextView
        android:layout_width="wrap_content"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:text="Setting Activity"
        android:textAppearance="@style/TextAppearance.AppCompat.Headline"
        app:layout_constraintBottom_toBottomOf="parent"
        app:layout_constraintEnd_toEndOf="parent"
        app:layout_constraintStart_toStartOf="parent"
        app:layout_constraintTop_toTopOf="parent" />

</androidx.constraintlayout.widget.ConstraintLayout>

Java Class File

Buka file MainActivity dalam direktori java. Tambahkan override onOptionsItemSelected untuk menambahkan aksi di setiap item menu toolbar. Tambahkan switch case di dalamnya, lalu cari sesuai dari id pada tiap-tiap item menu. Berikut ini adalah kode lengkap untuk file MainActivity.java

app/java/com.androidrion.optionmenuapp/MainActivity.java

Run Project

Sekarang jalankan project android studio kalian. Sekarang item Setting pada menu toolbar bisa menampilkan activity baru ketika di klik. Jika kode diatas tidak terjadi error, maka aplikasi akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

AKHIR KATA

Itulah tadi tutorial singkat dan mudah cara membuat aksi pada item menu toolbar untuk membuka activity baru ketika di klik. Jika kalian mengalami kendala saat melakukan tutorial di atas, silahkan komentar di bawah artikel ini. Jangan lupa untuk like dan subscribe Channel YouTube Android Rion. Semoga artikel ini membantu kalian. Terima Kasih.

Download Project

Untuk download project pada tutorial ini, silahkan klik tombol dibawah ini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.