Cara Menambahkan Folder Android Resource Directory (Anim, Font, Menu, RAW) Di Android Studio

Halo semuanya, bagaimana kabar kalian hari ini? saya harap kalian baik-baik saja. Pada artikel ini, saya ingin memberi sedikit tips atau trik cara membuat folder Anim, Font, Menu, Raw ataupun lainnya. Bagi seorang developer android yang menggunakan Android Studio harus terbiasa dengan tips ini agar mudah dalam mengerjakan projek.

Ketika kalian baru membuat projek baru di Android Studio, maka direktori res/ berisi resource drawable, layout, mipmap, values. masing-masing folder resource memiliki fungsi masing-masing.

Resources adalah file tambahan dan konten statis yang digunakan kode kalian seperti bitmap, definisi layout, string antarmuka pengguna, instruksi animasi dan banyak lagi. Kalian harus selalu mengeksternalisasi resource aplikasi seperti gambar dan string dari kode kalian, Sehingga kalian mudah untuk maintenance nya secara mandiri.

- Advertisement -

Berikut ini adalah tips bagaimana cara membuat folder android resource directory anim, font, menu, raw ataupun lainnya pada aplikasi Android Studio dengan cepat dan mudah.

Cara Membuat Folder Anim, Font, Menu, Raw dan lainnya di aplikasi Android Studio.

1. Pada projek android studio kalian, silahkan klik kanan pada folder res lalu pilih New>Android Resource Directory. Maka Jendela Resource Directory akan muncul.

2. Pada Resource type, kalian bisa memilih folder yang ingin kalian gunakan dalam projek android studio kalian. Pada langkah ini kalian bebas memilih apa yang projek kalian butuhkan.

3. Setelah kalian memilih folder yang ingin kalian tampilkan pada projek android studio, Klik tombol OK.

4. Maka folder yang kalian pilih tadi muncul di dalam folder res pada projek android studio kalian.

AKHIR KATA

Itulah cara menambahkan folder menu, anim, color, raw ataupun lainnya yang kalian butuhkan pada projek android studio kalian. Tentu langkah-langkah di atas harus kalian biasakan karena itu akan terus digunakan dan tidak akan berubah-ubah. Dan hanya cara itu agar aplikasi berjalan dengan sempurna untuk menampilkan apa yang diperlukan pada aplikasi kalian.

Jangan lupa untuk like dan subscribe Channel YouTube Android Rion. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih.

- Advertisement -

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.