Cara Membuat Folder Menu Di Android Studio dan Menambahkan File XML di Dalamnya

Halo semuanya, bagaimana kabar kalian hari ini? saya harap kalian baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tips cara membuat folder menu di android studio dan menambahkan file xml di dalamnya. Sebelum lanjut ke langkah-langkahnya, saya akan memberi penjelasan singkat fungsi dari folder menu tersebut di aplikasi android studio.

Menu adalah komponen user interface yang sering digunakan dalam banyak tipe aplikasi. Untuk memberi pengalaman user yang mudah dan konsisten, kalian harus menggunakan API menu untuk menyajikan action dan opsi lain dalam aktivitas kepada pengguna. Berikut ini adalah beberapa alasan kalian harus menggunakan resource menu:

  • Memvisualisasikan struktur menu dalam XML menjadi lebih mudah.
  • Memisahkan kode untuk menu dari kode utama aplikasi kalian.
  • Memungkinkan kalian membuat konfigurasi menu alternatif untuk berbagai versi platform, ukuran layar dan konfigurasi lainnya.

- Advertisement -

Jadi, pada artikel ini kalian akan belajar bagaimana cara membuat folder menu sekaligus membuat file xml didalamnya folder menu di android studio untuk memudahkan dalam membuat pilihan atau opsi pada suatu aplikasi.

Cara Membuat Folder Menu di Android Studio

1. Klik kanan pada folder res lalu pilih New>Android resource file. Maka aplikasi android studio kalian akan menampilkan jendela baru.

2. Pada Resource type ubah values menjadi menu. Lalu klik Ok.

Folder menu dalam projek android studio berhasil di buat !!!

Sekarang, pada langkah selanjutnya kita akan membuat file xml dalam folder menu untuk membuat aksi pilihan dalam aplikasi android studio.

Cara Membuat File XML Dalam Folder Menu

1. Untuk membuat file xml dalam folder menu kalian harus klik kanan pada folder tersebut. lalu pilih New>Menu resource file. Lalu setelah itu akan muncul jendela baru yang akan memberi kita izin untuk menamakan file yang akan kita buat.

2. Beri nama file xml sesuai dengan kebutuhan kalian, pada tutorial ini saya memberi nama file dengan nama menu_item

File XML dalam folder menu berhasil dibuat!!!

AKHIR KATA

Itulah tadi langkah-langkah dalam pembuatan folder menu sekaligus membuat file xml di dalamnya. Langkah-langkah di atas harus selalu kalian ingat karena fungsi ini dalam aplikasi android akan selalu digunakan.

Jika kalian mengalami kendala dalam langkah-langkah di atas, silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah. Jangan lupa juga untuk like dan subscribe Channel YouTube Android Rion. semoga artikel ini membantu kalian. Terima Kasih.

- Advertisement -

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.