Cara Mudah Menghubungkan Firebase & Android Studio Menggunakan Firebase Assistant

Halo semuanya, bagaimana kabar kalian hari ini? saya harap kalian semua dalam keadaan yang baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips dan trik Cara Membuat Project Android Studio Terhubung Dengan Firebase Menggunakan Firebase Assistant.

Firebase adalah suatu layanan dari Google yang digunakan untuk mempermudah para pengembang aplikasi dalam mengembangkan aplikasi. Dengan adanya firebase, developer bisa fokus mengembangkan aplikasi tanpa harus memberikan usaha yang besar. Wikipedia

- Advertisement -

Karena firebase adalah layanan dari Google maka ini sudah terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti Google Ads, Admob, Play Store, Google Cloud Platform dan lainnya.

Firebase juga bisa kita hubungkan dengan Project android studio yang sedang kita kerjakan. Tetapi, untuk apa kita harus menghubungkan project Android Studio kita dengan Firebase? Apa untungnya?

Dengan menambahkan atau menghubungkan firebase kedalam project android studio kita, maka kita bisa memantau trafik yang ada pada aplikasi kita yang telah di instal pada perangkat. Kita bisa menambahkan iklan (Admob) dengan mudah di project kita. Kita bisa menggunakan database dari firebase yang telah disediakan. Bisa menggunakan autentifikasi login atau sign up dengan mudah dan masih banyak lagi yang bisa membuat kita mudah dalam mengembangkan aplikasi android hanya dengan menghubungkan project kita dengan firebase.

Jadi, disini kita akan belajar cara menggunakan firebase assistant di android studio untuk membuat project kita terhubung dengan firebase yang bisa memudahkan kita dalam mengembangkan project kita lebih jauh dan lebih komplek.

Cara Menggunakan Firebase Assistant Di Android Studio

Sebelum kita menggunakan firebase assistant, terlebih dahulu sign in di Android Studio. Jika kalian sudah sign in di Android Studio menggunakan akun Google, maka kalian bisa langsung ke tahap cara menggunakan Firebase Assistant. Jika kalian belum sign in di Android Studio, kalian bisa mengikuti langkah-langkah pada link dibawah ini.

Setelah kalian masuk menggunakan akun Google kalian di Android Studio sekarang kita akan menggunakan Firebase Assistant untuk menghubungkan Firebase dengan Project Android Studio.

Firebase Assistant

1. Pilih Tools>Firebase di menubar pada project Android Studio yang ingin kalian hubungkan dengan firebase.

Android Studio akan membuka jendela Assistant di sebelah kanan. Kalian bisa memilih layanan dari firebase yang ingin kalian gunakan seperti Admob, Cloud Messaging, Realtime Database dan lainnya. Dalam tutorial ini saya menggunakan layanan Analytic.

2. Klik service Analytics, lalu klik log an Analytic Event. Firebase Assistant akan menampilkan Analytic Event. Klik Connect to Firebase.

Android Studio akan menampilkan jendela untuk membuat project di Firebase.

3. Masukkan nama project yang akan kalian buat di firebase dan juga ubah Country/region yang darinya United States menjadi Indonesia. Tetapi jika sebelumnya kalian sudah pernah membuat project di firebase, kalian bisa memilih project firebase yang sudah ada. Lalu klik Connect to Firebase.

Setelah itu, Firebase Assistant akan menampilkan bahwa project android studio kalian telah berhasil terkoneksi dengan firebase.

Di tahap ini kalian telah berhasil menghubungkan project android studio kalian dengan firebase. Tetapi layanan Analytic belum terpasang, untuk itu kalian bisa melanjutkan langkah-langkahnya.

4. Klik Add Analytic to your app.

5. Maka android studio akan menampilkan jendela untuk konfirmasi bahwa ada library yang akan di tambahkan secara otomatis. Lalu klik Accept Changes.

Di tahap ini kalian telah behasil menambahkan Analytic Event Firebase. Selanjutnya kalian bisa mengecek project firebase kalian di https://console.firebase.google.com Atau kalian ingin mengubah pengaturan yang ada di project firebase.

AKHIR KATA

Itulah tadi tips cara menghubungkan project android studio ke firebase menggunakan firebase assistant. Jika kalian mengalami kendala saat melakukan tutorial di atas, silahkan komentar di bawah artikel ini. Jangan lupa untuk like dan subscribe Channel YouTube Android Rion. Semoga artikel ini membantu kalian. Terima Kasih.

- Advertisement -

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.