Cara Mengubah atau Mengganti Package Name di Aplikasi Android Studio

Hai semuanya. Bagaimana kabar kalian hari ini? Saya harap kalian semua dalam keadaan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tips android studio cara mengganti package name di aplikasi android.

Setiap aplikasi android memiliki ID aplikasi unik yang terlihat seperti nama paket Java, misalnya com.example.appku. ID ini secara unik mengidentifikasi aplikasi pada perangkat dan Google play Store. Jika kalian ingin mengupload aplikasi versi terbaru, ID aplikasi harus sama dengan APK asli. Jika kalian mengubah ID aplikasi, Google Play Store akan memperlakukan APK sebagai aplikasi yang sepenuhnya berbeda.

Pada postingan ini, saya akan membagikan tips cara mengubah atau menganti Package Name atau ID di aplikasi Android Studio.

- Advertisement -

Cara Menganti/Mengubah Package Name atau ID aplikasi android di Android Studio

Bukalah projek android studio yang akan kalian ubah package name nya. Pada sebelah kiri aplikasi android studio, kalian bisa melihat struktur projek kalian.

Mengganti Package Name Projek

Untuk mengubah package name projek android studio, kalian harus mengubah tampilan struktur projek terlebih dahulu dengan cara klik pada show options menu (Icon Roda) yang ada pada struktur projek, lalu un-check Compact Middle Packages.

Maka struktur projek android studio kalian akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

Pada tutorial ini saya ingin mengubah nama folder myapplication. Jadi yang perlu kalian lakukan cukup klik kanan pada folder tersebut lalu pilih Refactor>Rename atau kalian bisa melalui shortcut dengan cara Shift+f6.

Maka akan muncul jendela warning yang akan tampil. Klik tombol Rename package.

Akan ada jendela Rename yang muncul di aplikasi android studio. Masukkan nama Package yang ingin diubah, lalu pilih Refactor. Pada tutorial ini saya ingin mengubah nama Package Name yang awalnya myapplication menjadi searchapp.

Setelah itu pada bagian bawah aplikasi android studio akan menampilkan informasi folder yang akan diubah. Klik Do Refactor untuk mengubah nama folder tersebut.

Pada langkah ini, kalian telah berhasil mengubah nama Package Name pada struktur projek android studio.

Langkah selanjutnya ada satu langkah lagi yang harus kalian lakukan untuk mengganti Package Name aplikasi android. Karena pada dasarnya langkah di atas hanya mengubah package name dari folder projek struktur saja, tapi tidak mengubah package name dari aplikasi yang telah jadi. Ikuti langkah-langkah di bawah ini agar package name pada android studio benar-benar berhasil di ubah.

Application ID Settings (Mengganti Package Name Aplikasi)

Pada aplikasi android, pilih file pada menubar lalu pilih Project Structure.

Lalu android studio akan menampilkan jendela Project Structure Seperti pada gambar di bawah ini.

Pada jendela Project Structure, pilih Module lalu pilih tab Default Config.

Ubah Application ID menjadi sama dengan langkah package name yang akan diubah. lalu klik tombol OK.

AKHIR KATA

Itulah tadi cara mengganti atau mengubah package name pada projek aplikasi android. Langkah-langkah di atas mungkin agak sedikit susah tetapi jika kalian sering melakukannya, maka kalian akan menghafal langkah-langkah tersebut. Tips ini harus kalian ingat karena tips ini sangat berguna untuk para android developer.

Jika kalian mengalami masalah dalam langkah-langkah di atas, silahkan komentar di bawah artikel ini. Jangan lupa untuk like dan subscribe Channel YouTube Android Rion. Semoga artikel ini membantu kalian. Terima Kasih.

- Advertisement -

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

- Advertisement -

4 Comments
  1. Spectanizer says

    Terima kasih kak tutorialnya.

    1. Android Rion says

      Iya, sama-sama.

      Terima kasih telah mengunjungi blog androidrion.

  2. Arfandi Nasution says

    Bang, kok package saya tetap, ga berubah?

    1. Android Rion says

      Hi, Arfandi. Terima kasih telah berkomentar di website blog Android Rion. Maaf apa bila saya telah untuk membalas komentarnya.

      Apakah sudah melakukan semua langkah-langkah. Jika sudah, seharusnya package akan berubah. Jika tidak, coba ulangi lagi langkah-langkahnya. Karena pada tahap Do Refactor sudah membuat package berubah. semoga ini bisa membantu mas Arfandi nya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.