Cara Membuat Agar Aplikasi Android Mendukung Banyak Layar (Support Multi Screen) di Android Studio

Halo semuanya, bagaimana kabar kalian hari ini? Saya harap kalian semua dalam keadaan yang baik-baik saja. Sebelumnya, saya telah membagikan trik Agar Aplikasi Bisa Mendukung Multi Language di Android Studio. Dan pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips agar aplikasi kalian berjalan dengan mudah di berbagai atau mendukung banyak layar ( support multi screen) di Android Studio dengan mudah.

Saat ini, ukuran layar pada perangkat Android ada begitu banyak mulai dari 2 inch sampai dengan 10 inch. Dengan begitu banyak jenis ukuran layar yang berbeda-beda, aplikasi yang kita buat pun harus support multi screen, untuk menyesuaikan interface pengguna aplikasi ke layar yang menampilkannya.

Cara Membuat Agar Aplikasi Android Mendukung Banyak Layar (Support Multi Screen) di Android Studio
Cara Membuat Agar Aplikasi Android Mendukung Banyak Layar (Support Multi Screen) di Android Studio

Untuk mengoptimalkan desain UI pada aplikasi yang kita buat, kita membutuhkan beberapa desain layout yang berbeda pula ukurannya, yaitu small, normal, large dan xlarge.

Pada Android Studio, kita sering melihat istilah 320dpi (xhdpi), 480dpi (xxhdpi), 640dpi (xxxhdpi). DPI singkatan dari Dots Per Inch atau Titik Per Inci. DPI adalah suatu satuan untuk kerapatan titik dalam suatu gambar. DPI juga merupakan direktori Jadi, saat kita menjalankan aplikasi pada ukuran layar yang berbeda, maka secara otomatis gambar akan menyesuaikan ukurannya.

Cara Membuat Agar Aplikasi Android Mendukung Banyak Layar (Support Multi Screen) di Android Studio

Untuk membuat desain layout dengan jenis ukuran yang berbeda-beda, kalian perlu menambahkan file layout bernama activity_main.xml (sw<n>dp) dimana huruf n adalah nilai Qualifier. Contohnya ketika kalian ingin membuat file layout activity_main.xml memiliki tampilan yang berbeda dengan ukuran layar perangkat android lain, maka Android Studio akan menampilkan file activity_main.xml (sw720dp). Apabila kalian berhasil membuat layout baru dengan ukuran DPI yang berbeda, maka secara otomatis layout tersebut akan membuatkan folder di dalam projek Android Studio agar kalian mudah untuk mendesainnya yang sudah di kelompokkan.

Dalam tutorial ini, kita akan membuat file layout tersebut dengan nilai qualifier yang berbeda-beda, contohnya seperti:

  • activity_main.xml (sw320dp) : Digunakan untuk perangkat yang memiliki layar minimal 320dpi.
  • activity_main.xml (sw480dp) : Digunakan untuk perangkat yang memiliki layar minimal 480dpi.
  • activity_main.xml (sw600dp) : Digunakan untuk perangkat tablet 7 inch, yang memiliki layar minimal 600dpi.
  • activity_main.xml (sw720dp) : Digunakan untuk perangkat tablet 10 inch, yang memiliki layar minimal 720dpi.

Cara untuk membuatnya cukup mudah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Membuat File Layout DPI

1. Klik kanan pada file layout yang ingin kalian tambahkan tampilannya. Lalu pilih New>Layout Resource File.

Langkah 1 Untuk Membuat Aplikasi Mendukung Banyak Layar / Multi Screen di Android Studio

2. Android Studio akan menampilkan Jendela New Resource File seperti pada gambar dibawah. Langkah selanjutnya kalian klik Smallest Screen Width di sebelah kiri lalu pindahkan ke bagian kanan dengan menekan tombol >> yang berada di tengah seperti pada gambar.

Langkah 2 Untuk Membuat Aplikasi Mendukung Banyak Layar / Multi Screen di Android Studio

3. Pada bagian Smallest screen width masukkan angka DPI yang ingin kalian gunakan. Pada langkah ini saya memasukkan angka dpi 320. Secara otomatis, pada bagian Chosen qualifiers menampilkan sw320dp. Setelah itu masukkan File name yang sama dengan nama layout yang sebelumnya kalian klik kanan. Lalu klik tombol OK yang berada di kanan bawah.

Langkah 3 Untuk Membuat Aplikasi Mendukung Banyak Layar / Multi Screen di Android Studio

4. Kalian bisa melihat di bagian Structure Project kalian yang sudah rapi dan dikelompokan oleh Android Studio.

Hasil Untuk Membuat Aplikasi Mendukung Banyak Layar / Multi Screen di Android Studio

Pada tahap ini kalian telah selesai melakukannya. Sekarang kalian bisa membuat layout dari masing-masing dpi yang kalian buat.

AKHIR KATA

Itulah tadi tips dari saya untuk kalian yang ingin membuat aplikasi Support Multi Screen di Android Studio. Jika kalian mengalami kendala saat melakukan langkah-langkah di atas, silahkan berkomentar di bawah pada artikel ini. Dan jangan lupa juga untuk like, comment, dan subscribe Channel YouTube Android Rion. Semoga artikel ini membantu kalian. terima kasih.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.