Belajar Pemrograman Web: Dasar-Dasar Javascript

Belajar Pemrograman Web: Dasar-Dasar Javascript

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang dasar-dasar Javascript. Dalam belajar pemrograman web, Javascript merupakan bahasa pemrograman yang paling umum digunakan dan wajib dipahami setiap web developer. Sebuah halaman web tidak dapat menjalankan fungsi tertentu tanpa adanya perintah Javascript, sehingga yang ditampilkan hanya visual dari HTML dan CSS saja.

Apa itu Javascript?

Jika Anda masih awam dengan pemrograman web mungkin belum tahu apa itu Javascript. Melansir dari CodePolitan Online pada kelas “Belajar Pemrograman Web Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP” di Udemy, Javascript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk menambahkan fitur interaktif pada website seperti ketika ingin membuat game, membuat perubahan ketika mengklik tombol, efek dinamik, animasi, dan masih banyak lagi. Javascript merupakan bahasa pemrograman yang dapat dikolaborasikan dengan dokumen HTML dan CSS yang digunakan untuk membuat website yang tampak interaktif dan dinamis dibandingkan dengan menggunakan HTML dan CSS saja. Perlu diingat bahwa Javascript berbeda dengan bahasa Java.

Bahasa pemrograman ini dapat berjalan di hampir semua browser populer seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Safari, Opera, dan lain-lain. Untuk menjalankan Javascript, kita bisa menggunakan fitur Console yang dapat diakses dengan buka tab baru pada browser -> klik kanan -> pilih ‘inspect element’ -> pilih tab console.

Selain itu, kita dapat menjalankan Javascript langsung di halaman web yang dibuat. Inilah yang akan digunakan pada belajar pemrograman web.

Variabel dan Tipe Data Javascript

Dalam bahasa pemrograman apapun, terdapat variabel dan tipe data. Lantas apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Mari kita bahas satu per satu. Variabel adalah suatu tempat yang digunakan untuk menampung data atau konstanta di memori yang mempunyai nilai yang dapat berubah-ubah selama proses pemrograman.Variabel dapat diisi dengan berbagai macam nilai seperti angka (number), teks (string), object, array, dan lain-lain.

Bayangkan variabel sebuah piring. Piring tersebut dapat diisi dengan daging, sayuran, buah, apapun yang kita kehendaki. Variabel juga dapat dibiarkan tak berisi. Variabel juga dapat diisi dengan perintah seperti perhitungan aritmatika.

Setelah memahami variabel, mari kita pahami apa itu tipe data. Tipe data adalah sebuah cara yang digunakan untuk menentukan jenis suatu data. Tipe data dikenal juga dengan istilah “deklarasi variabel.” Terdapat beberapa tipe data yang dapat digunakan pada Javascript antara lain:

  • String: berbentuk teks
  • Number: berbentuk angka
  • Boolean: pernyataan true/false
  • Null: tidak memiliki nilai
  • Symbol: sebuah nilai yang unik yang tidak sama dengan nilai lainnya

Jika kita ingin mengetahui apa tipe data yang terdapat pada suatu variabel, kita dapat mengecek dengan barisan perintah typeof namaVariabel.

Operator Javascript

Ketika belajar pemrograman web, kita harus memahami berbagai jenis operator Javascript. Sebelumnya, mari ketahui dulu apa itu operator. Operator adalah simbol-simbol khusus yang digunakan untuk mengoperasikan suatu nilai data atau operand. Operator terbagi menjadi sebagai berikut:

  1. Operator aritmatika
  2. Operator assignment
  3. Operator penggabungan string
  4. Operator pembanding

Operator Aritmatika

Operator aritmatika adalah operator yang digunakan untuk menjalankan operasi aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, dan sebagainya. Operasi perkalian menggunakan simbol asterik (*). Sedangkan pembagian menggunakan simbol garis miring /.

Operator Assignment

Operator ini digunakan untuk memberikan tugas kepada variabel untuk mengisi variabel itu sendiri. Sebagai contoh, variabel a menyimpan nilai dari hasil a – b.

Operator Penggabungan String

Operator ini digunakan untuk menggabungkan beberapa string menjadi string baru seperti contoh di atas.

Operator Pembanding

Operator ini dikenal juga dengan nama operator relasi yang digunakan untuk membandingkan dua nilai yang menghasilkan nilai baru dalam bentuk boolean (true dan false).

Belajar Pemrograman Web Javascript di Udemy

Setelah memahami HTML dan CSS, tentu saja kita perlu memperluas pengetahuan bahasa pemrograman lainnya guna membangun sebuah situs web. Jika Anda ingin memperdalam belajar pemrograman web, saya merekomendasikan kursus di Udemy yang diajarkan oleh CodePolitan yang disajikan dengan format video berbahasa Indonesia. Setiap langkah demi langkah diterangkan secara komprehensif oleh mentor.

Terdapat fitur Q&A dimana kita dapat bertanya terkait proses pembelajaran dari kelas yang kita pelajari. Di Udemy, juga ada kursus web development bootcamp yang bisa Anda ikuti untuk tahap lanjutan.

Demikian artikel tentang belajar pemrograman web kali ini. Semoga bermanfaat!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.