Cara Membuat Back Button Toolbar di Aplikasi Android

Halo semuanya. Bagaimana kabar kalian hari ini? Saya harap kalian baik-baik saja. Sebelumnya, saya sudah pernah membagikan tutorial cara membuat activity baru di aplikasi android. Namun pada tutorial tersebut untuk kembali ke activity main setelah membuka activity baru, Kita hanya bisa menekan tombol back pada device. Hal ini sangatlah FATAL dalam pembuatan aplikasi baik itu Android maupun iOS. Jadi, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tutorial cara membuat back button pada toolbar di aplikasi android.

Membuat sebuah back button pada suatu aplikasi adalah hal yang sangat penting dalam pengembangan aplikasi. Karena jika back button pada device pengguna rusak. Maka user akan stuck (terdiam) pada layout yang terakhir dia buka. Untuk itu, pembuatan back button pada aplikasi adalah cara lain untuk kembali ke activity sebelumnya.

Nah, pada tutorial ini kalian akan belajar bagaimana cara membuat dan mengaktifkan back button pada aplikasi android yang terletak pada toolbar.

- Advertisement -

Tutorial Cara Membuat Back Button Pada Toolbar di Aplikasi Android

Pada tutorial ini, saya menggunakan projek android studio pada tutorial sebelumnya, yaitu aplikasi Activity App. Untuk informasi ataupun kode lengkap yang digunakan pada aplikasi ini, kalian bisa melihatnya di tutorial sebelumnya pada link di bawah ini.

CARA MEMBUKA ACTIVITY BARU DI APLIKASI ANDROID

Java Activity File

Buka file SecondActivity.java pada projek android studio kalian, lalu tambahkan kode di bawah ini untuk menampilkan back button pada toolbar pada layout activity_second.

app/java/com.androidrion.activityapp/SecondActivity.java

package com.androidrion.activityapp;

import androidx.appcompat.app.AppCompatActivity;

import android.os.Bundle;

public class SecondActivity extends AppCompatActivity {

    @Override
    protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(R.layout.activity_second);

        getSupportActionBar().setDisplayHomeAsUpEnabled(true);
        getSupportActionBar().setDisplayShowHomeEnabled(true);
    }

    @Override
    public boolean onSupportNavigateUp() {
        onBackPressed();
        return true;
    }

    @Override
    public void onBackPressed() {
        super.onBackPressed();
    }
}

Run ‘app’

Sekarang jalankan projek android studio kalian. Lihat toolbar pada layout activity second. Aplikasi akan memperlihatkan tanda panah ke kiri pada toolbar di bagian kiri. Jika kalian menekan ikon tersebut, maka aplikasi akan kembali ke activity sebelumnya. Jika kode di atas tidak terjadi masalah, maka aplikasi akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

AKHIR KATA

Itulah tadi tutorial singkat dan mudah cara membuat back button pada toolbar di aplikasi android. Tutorial di atas sangatlah mudah untuk dikerjakan karena tidak begitu banyak kode yang digunakan untuk menampilkan ikon panah pada toolbar.

Jika kalian mengalami kendala saat melakukan tutorial diatas, silahkan komentar pada artikel di bawah ini. Jangan lupa untuk like dan subscribe Channel YouTube Android Rion. Semoga artikel ini membantu kalian. Terima Kasih.

- Advertisement -

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.